Kamis, 22 Agustus 2013

BIMBINGAN BELAJAR IPA/BIOLOGI SMP

BIMBINGAN BELAJAR
                                                        Mata Pelajaran        :     IPA / BIOLOGI
                                                        Kelas/ Semester      :     IX / 1
                                                        Tahun Pelajaran      :     2013 / 2014


A. Pilihlah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!


      Gambar berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-3.
1 . Badan malpighi ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 1                                                              c. 1 dan 2
      b. 2                                                              d. 1,2,3, dan 4

2.   Tubulus kontortus proksimal ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 2                                                              c. 4
      b. 3                                                              d. 5

3.   Proses augmentasi berlangsung pada bagian nomor . . . .
      a. 2                                                              c. 4
      b. 3                                                              d. 5

4.   Urutan proses pembentukan urine adalah . . . .
      a. filtrasi-reabsorbsi-augmentasi                 c. filtrasi-augmentasi-reabsorbsi
      b. reabsorbsi-filtrasi-augmentasi                 d. reabsorbsi-augmentasi-filtrasi

5.   Reabsorbsi atau penyerapan kembali zat-zat yang masih berfungsi berlangsung di bagian . . . .
      a. glomerulus                                              c. tubulus kontortus proksimal
      b. tubulus kontortus distal                          d. simpai Bowman

6.   Urutan jalannya urine adalah . . . .
      a. rongga ginjal-uretra-kantong kemih-ureter c. rongga ginjal-ureter-kantong kemih-uretra
      b. rongga ginjal-ureter-uretra-kantong kemih d. rongga ginjal-kantong kemih-ureter-uretra

7.   Zat yang tidak terdapat di dalam urine orang yang sehat yaitu . . . .
      a. garam                                                      c. zat warna empedu
      b. urea                                                         d. glukosa

8. Bagian terpenting dari kulit kita yang mendukung proses ekskresi adalah . . . .
      a. kelenjar keringat                                     c. lapisan tanduk
      b. kelenjar minyak                                      d. saraf

9. Selain sebagai alat ekskresi, hati memiliki fungsi yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut,
      kecuali . . . .
      a. tempat pembentukan trombin                 c. tempat pembongkaran sel darah merah
      b. tempat pembentukan glikogen               d. tempat pengubahan provit D menjadi vitamin D

Untuk nomor 10 – 12 perhatikan gambar penampang kulit berikut!

10. Kelenjar keringat ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 1                                                              c. 3
      b. 2                                                              d. 4

11. Lapisan malpighi ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 3                                                              c. 5
      b. 4                                                              d. 6

12. Lapisan tanduk ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 3                                                              c. 5
      b. 4                                                              d. 6

13. Gangguan penyakit nefritis akut disebabkan karena adanya kerusakan ginjal dalam bagian tertentu. Bagian yang dimaksud adalah . . . .
      a. ureter                                                       c. rongga ginjal
      b. nefron                                                     d. korteks ginjal

14. Lapisan kulit yang selalu mengalami pengelupasan adalah . . . .
      a. lapisan tanduk                                         c. epidermis
      b. dermis                                                     d. lapisan malpighi

15. Lapisan kulit yang dapat melindungi jaringan di bawahnya dari sinar matahari yang panas adalah
       lapisan . . . .
      a. lemak                                                      c. malpighi
      b. tanduk                                                    d. dermis

16. Ginjal menyaring zat sisa yang berupa ureum dari dalam ....
      a. getah bening                                           c. darah
      b. hormon                                                   d. usus

17. Organ tubuh yang bertanggung jawab untuk mengatasi zat racun yang masuk ke dalam tubuh adalah ...
      a. ginjal                                                       c. kulit
      b. hati                                                          d. paru-paru

18. Cara kulit mengatur suhu tubuh adalah ....
      a. mengeluarkan minyak                             c. mengeluarkan panas
      b. mengeluarkan air                                    d. mendirikan bulu-bulu

19. Bagian ginjal yang berfungsi menyaring darah terdapat pada ....
      a. glomerulus                                              c. kapsula Bowman
      b. lengkung henle                                       d. tubulus kontraktil

20. Paru-paru sebagai organ ekskresi mengeluarkan .…
      a. O dan H2                                                c. O dan CO
      b. H2O, O  dan CO                                    d. H2O dan O


21. Fungsi sistem ekskresi pada manusia adalah ....
      a. mengeluarkan sisa-sisa metabolism yang sudah tidak digunakan lagi
      b. mengeluarkan sisa-sisa metabolism yang masih dibutuhkan oleh tubuh
      c. mengeluarkan zat sisa yang masih dapat dipergunakan lagi
      d. mengeluarkan feses dari hasil pencernaan.

22. Bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak adalah ....
      a. lapisan kulit ari                                        c. lapisan kulit jangat
      b. lapisan kulit malpighi                              d. lapisan kulit bawah

23. Berikut ini merupakan penyakit yang terjadi pada kulit, kecuali ....
      a. ringworm                                                c. biduran
      b. psoriasis                                                  d. nefritis

24. Kelebihan hormon, vitamin, dan obat-obatan akan dikeluarkan melalui .…
      a. ginjal                                                       c. hati
      b. kulit                                                        d. paru-paru

25. Fungsi hati berikut berkaitan dengan pengeluaran,  kecuali  ....
      a. mengubah provitamin A menjadi vitamin A
      b. menimbun gula dalam bentuk glikogen
      c. membongkar jenis protein tertentu
      d. merombak sel darah merah yang rusak menjadi empedu

26. Yang dimaksud dengan sistem ekskresi di bawah ini adalah....
       a. pengeluaran sisa pencernaan yang tidak bisa diserap tubuh 
       b. pengeluaran zat yang diperlukan oleh tubuh
       c. pengeluaran zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh
       d. pengeluaran hormon dari dalam tubuh

27.Organ ekskresi yang sekaligus berfungsi sebagai organ respirasi adalah....
       a. kulit                                                                  c. paru-paru                
       b. hati                                                                   d. Ginjal

28   Proses reaksi kimia amonium dan karbondoksida menjadi urea berlangsung di....
       a. ginjal                                                                 c. hati                         
       b. kulit                                                                  d. paru-paru

29. lapisan epidermis pada kulit dari arah dalam ke luar adalah....
       a. korneum-granulosum-germinativum                c. germinativum-granulosum-korneum 
       b. korneum-germinativum-granulosum                d. germinativum-korneum-granulosum

30.  Dalam fungsinya sebagai organ ekskresi, ginjal berfungsi menghasilkan urin. 
       Urutan proses pembentukan urin yang benar di bawah ini adalah....
   a. filtrasi-augmentasi-reabsorbsi                         c. augmentasi-filtrasi-reabsorbsi 
        b. filtrasi-reabsorbsi-augmentasi                         d. augmentasi-reabsorbsi-filtrasi

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!

1.    Lengkapilah gambar berikut ini dengan keterangan nama-nama bagiannya!

 
2.    Sebutkan lapisan-lapisan kulit beserta fungsinya!
3.    Jelaskan fungsi kulit sebagai pengatur suhu tubuh!
4.    Sebutkan 3 kelainan atau penyakit pada sistem ekskresi!
5.    Jelaskan proses pembuatan urine.
6.    Hati dapat berfungsi sebagai alat sekresi dan ekskresi. Apa perbedaan sekresi dan ekskresi pada hati?
7.    Tuliskan penyakit yang terjadi di hati dan bagaimana cara pencegahannya.
8.    Kita sering mendengar orang terkena sakit ginjal, seperti batu ginjal, gagal ginjal, dan radang ginjal. Bagaimana cara mengatasi dan mencegah penyakit- penyakit tersebut?
9.    Jelaskan bagaimana ginjal mengeluarkan zat-zat sampah dan mempertahankan keseimbangan garam-garam tubuh!
10. Mengapa kulit, paru-paru, dan hati juga disebut sebagai organ-organ pengeluaran?
11. Apa yang terjadi ketika organ-organ sistem urin tidak bekerja?
12. Terangkan mengapa proses penyerapan kembali zat-zat tertentu di dalam ginjal sangat penting?
13. Jelaskan fungsi sistem  urin!
14. Sebutkan paling sedikit empat penyakit dan kelainan ginjal!
15. Mengapa kita disarankan untuk banyak-banyak minum air putih?
16. Sebutkan macam-macam alat ekskersi pada manusia dan sebutkan ekskret yang dihasilkannya.
17. Proses pembentukan urine pada ma-nusia berlangsung melalui tiga tahap utama. Jelaskan mengenai
       tempat dan hasil dari ketiga tahap tersebut.
18. Faktor-faktor apakah yang memenga-ruhi banyak sedikitnya produksi urine manusia?
19. Jelaskan istilah-istilah di bawah ini.
       a. hidronefrosis                                          c .albuminuria
       b. glukosuria                                              d. hematuria
20. Sebut dan jelaskan secara singkat tiga macam kelainan pada ginjal yang kamu ketahui.



Selasa, 20 Agustus 2013

LKS SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

LKS 
SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA


I.                   GINJAL

A.     Tujuan Pembelajaran:    
         Siswa dapat:
1.      Menyebutkan bagian-bagian ginjal
2.      Mendeskripsikan fungsi bagian-bagian ginjal

B.     Alat / Bahan:
         1.   Gambar/Model Ginjal

C.     Cara Kerja:
         1.   Amati bagian-bagian ginjal
         2.   Tulis datamu di dalam tabel

D.     Gambar/Model Ginjal                                                  



 I. GINJAL
           II. NEFRON

E.      Hasil Pengamatan
        
No
Gambar
Nama Bagian
1
I
1. ……………
2. ……………
3. ……………
4. ……………
2.
II
1. …………….
2. …………….
3. ……………
4. ………………
5. ………………

F.      Pertanyaan
         1.   Bagian apa saja yang kamu temukan pada ginjal?
         2.   Apakah fungsi bagian-bagian tersebut?
         3.   Dibagian ginjal manakah nefron kamu temukan  ?
         4.   Apakah hubungan antara nefron dengan ginjal?

G.     Kesimpulan
         ………………………………………………………………………………………………………
         ………………………………………………………………………………………………………

II.                KULIT

A.     Learning Objective:
         Siswa dapat:
1.      Menyebutkan bagian-bagian kulit
2.      Mendeskripsikan fungsi bagian-bagian kulit


B.     Alat / Bahan:
         1.   Gambar/Model Kulit

C.     Cara Kerja:
         1.   Amati bagian-bagian kulit
         2.   Tuliskan datamu di dalam tabel

D.     Gambar Kulit


           
                                                                                                                                                
E.      Hasil Pengamatan
No
Nama Bagian
1.
2.
3.
4.
5.



F.      Pertanyaan
         1.   Bagian-bagian apa saja yang kamu temukan pada kulit?
         2.   Apakah fungsi bagian-bagian tersebut?
         3.   Dibagian kulit manakah kelenjar keringat kamu temukan?
         4.   Apakah hubungan antara kulit dengan kelenjar keringat?

G.     Kesimpulan
         ………………………………………………………………………………………………………
         ………………………………………………………………………………………………………






III.             HATI

A.     Tujuan Pembelajaran:
         Siswa dapat:
1.      Menyebutkan bagian-bagian kulit
2.      Mendeskripsikan fungsi bagian-bagian hati

B.     Alat/Bahan:
         1.   Gambar/Model hati

C.     Cara Kerja:
         1.   Amati gambar hati
         2.   Tulis hasil pengamatanmu di dalam tabel

D.     Gambar hati

     
E.      Hasil Pengamatan
        
No
Nama Bagian
1.
2.
3.
4.




F.      Pertanyaan
         1.   Apa saja bagian yang kamu temukan pada hati?
         2.   Apakah fungsi hati?
         3.   Dibagian hati manakah kamu temukan kantong empedu ?
         4.   Apakah hubungan antara hati dengan kantong empedu?

G.     Kesimpulan
         ………………………………………………………………………………………………………
         ………………………………………………………………………………………………………




IV.             PARU-PARU

A.     Tujuan Pembelajaran:
         Siswa dapat:
1.      Menyebutkan bagian-bagian paru-paru
2.      Mendeskripsikan fungsi bagian-bagian paru-paru

B.     Alat/Bahan:
         1.   Gambar/Model Paru-paru

C.     Cara Kerja:
         1.   Amati bagian-bagian paru-paru
         2.   Tulislah hasil Pengamatanmu di dalam tabel

D.     Gambar /Model paru-paru


E.      Hasil Pengamatan
        
No
Nama Bagian
1.
2.
3.
4.




F.      Pertanyaan
         1.   Bagian-bagian apa saja yang kamu temukan pada alat pernapasan manusia?
         2.   Apakah fungsi masing-masingbagian ?
         3.   Apakah hubungan antara alveolus dengan paru-paru?

G.     Kesimpulan
         ………………………………………………………………………………………………………
         ………………………………………………………………………………………………………



        











                       
                                                                                                                         





Jumat, 04 Januari 2013



SCIENTIFIC NAME

A.    Learning Objective
        Writing the scientific names for each species of organism
B.     Introduction
         Linnaeus system of classification uses two words for naming a species of organism. This kind of system is known as binomial nomenclature. . This is a scientific name. The first name is a genus and the second is a species. The spelling of the first word begins with a capital letter, while the second letter with a lower case. These two words are italicized or underlined. For example, the scientific name of rice plant is Oryza sativa .  Oryza is a genus name, while sativa is species name. Why scientific names are used?
         An orange golden fish living in fresh water is called goldfish. The names of plants and animals are taken from where they come from or their characteristics. These names are used in everyday life. Biologists prefer to use the scientific names. There are some reasons why scientific names are more preferable.
1.   There are no living things having exactly the same name. For example, bananas   (Musa paradisiaca) are called gedang in East Java, pisang in Central Java. But in West Java gedang is used to refer to papaya    (Carica papaya)
2.   Scientific names rarely change.
3.   Scientific names are the same all over the world.
         The language used is Latin, because this language never changes.
C.     Activities
         1.      Notice the name of organisms below. Correct the scientific names below based on
                   the rule of binomial nomenclature
      1. PSIDIUM GUAJAVA    = …………………………………………
      2.   rosa canina                     = …………………………………………                   
                  3.   Panthera Leo                 = ……………………………………………..
4.   Musca domestica            = ………………………………………..
      5.   CANIS lupus                  = …………………………………………

2.      Look at the figure of organisms in the table and write the scientific name for each species
                 
No
Species of Organisms
Scientific Name
1.
macan.jpg




2.
kucing unik.jpg

3.
Red_rose.jpg

4.
kembang sepatu.jpeg


5.




Keprok Batu 55.jpg




3.            Scientific names of species follow a binominal nomenclature. What does it mean?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________

4.            Let recap the main point from your activity.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________


INTERACTION   PATTERNS

              There are many types of interactions in a community. Each interaction shows how a particular organism affects another organism. A community will never exist without these different kinds of interaction. You will find  the types of interactions between two organisms in the community through this activity.

What to do
1.    Observe the figure in the slide.
2.    Write down  the organisms that do interaction and their type of interactions
3.    Explain  your reason why interaction of organisms  included into certain type of interaction.

No.
Organisms That Interacted
Type Of Interaction




Analysis

1.    Mention the types of interaction between two different organisms that are advantageous !


2.    Mention the types of interaction between two different organisms that are disadvantageous !


Critical thinking 

Explain how the interaction between an orchid and a tree are change from commensalisms to parasitism ?


TUGAS RUMAH
                                    MATA PELAJARAN : SAINS (BIOLOGI)
                                    KELAS/SEMESTER  : IX/2
                                    MATERI                      : PEWARISAN SIFAT


Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.   Disilangkan antara tumbuhan batang tinggi dengan tumbuhan batang rendah
       menghasilkan semua keturunannya tumbuhan berbatang tinggi.
      a.    Buatlah diagram persilangannya !
      b.   Tuliskan rasio genotip dan fenotip F-2

2.   Terjadi penyerbukan silang antara tumbuhan berbunga merah dan berbunga putih.
Setelah menghasilkan biji, kemudian bijinya tumbuh, menghasilkan tumbuhan berbunga merah muda.
      a.   Buatlah diagram persilangannya
      b.   Bagaimanakah ratio genotip dan fenotip F-2

3.   Disilangkan ayam jantan berbulu hitam dengan ayam betina berbulu putih. Semua
keturunannya berbulu abu-abu. Persilangan dilanjutkan sampai menghasilkan F-2. Jika jumlah keturunan F-2 20 ekor. Setip ekor ayam berbulu hitam dijual dengan harga Rp 25.000; ayam berbulu putih Rp 30.000; dan ayam berbulu abu-abu Rp 35.000; (Soal ekonomi kreatif)
      a.   Buatlah diagram persilangannya
      b.   Berapakah jumlah penjualan seluruh keturunan kedua.

4.   Disilangkan mangga berbuah kecil rasa manis dengan mangga berbuah besar rasa
      asam, menghasilkan semua mangga berbuah besar rasa manis.

      a.   Buatlah diagram persilangannya
      b.   Berapakah peluang mangga berbuah besar, rasa asam pada F-2
      c.   Fenotip apakah yang memiliki peluang sama pada F-2

5.   Keturunan suatu keluarga terdapat anak laki-lakinya yang hemofili. Padahal kedua orang tuanya tidak menunjukkan menderita hemofili.
      a.   Bagaimana hal ini bisa terjadi? Jelaskan
      b.   Buatlah diagram persilangannya

Selasa, 06 November 2012

Pembelajaran Kooperatif Metode Ular tangga





Pembelajaran Kooperatif Metode Ular tangga
Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870 (http://id.wikipedia.org).
Setiap orang dapat menciptakan papan mereka sendiri dengan jumlah kotak, ular dan tangga yang berlainan. Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama (biasanya kotak di sudut kiri bawah) dan secara bergiliran melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul. Biasanya bila seorang pemain mendapatkan angka 6 dari dadu, mereka mendapat giliran sekali lagi. Bila tidak, maka giliran jatuh ke pemain selanjutnya. Bila pemain mendarat di ujung bawah sebuah tangga, mereka dapat langsung pergi ke ujung tangga yang lain. Bila mendarat di kotak dengan ular, mereka harus turun ke kotak di ujung bawah ular. Pemenang adalah pemain pertama yang mencapai kotak terakhir.
Metode permainan ular tangga merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan di dalam pembelajaran Biologi SS (Sistem saraf). Metode ini modifikasi dari permainan ular tangga tetapi pada kotak-kotak angka diubah dengan pertanyaan atau tugas yang berkaitan dengan konsep sistem saraf. Dengan penerapan teknik pembelajaran seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa di kelas. Permainan ular tangga yang digunakan sebagai media pembelajaran metode TGT berbentuk  papan yang dibagi dalam kotak-kotak kecil dan digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain, dimana setiap kotak berisi pertanyaan yang berhubungan dengan konsep struktur saraf.
Adapun kelebihan dan kekurangan dari metode permainan ular tangga ini adalah: 
a. Kelebihan permainan Ular tangga: 1) kerjasama kelompok dalam mencapai finish sangat ditekankan; 2) anak tidak selalu dituntut untuk berpikir, sehingga suasana turnamen cenderung lebih menyenangkan; 3) dengan keberuntungan mengocok dadu, memberikan motivasi lebih besar pada siswa untuk mencapi finish (mencapai kemenangan); 4) memerlukan pengetahuan yang cukup tinggi, karena siswa dituntut untuk aktif  dalam mencari jawaban sendiri dengan cepat; 5) dapat memuat pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban (tidak hanya sebuah konsep hafalan, tetapi juga konsep hitungan); 
b. Kelemahan permainan Ular tangga: kurang dapat mengukur kemampuan suatu kelompok, karena kemenangan dipengaruhi oleh adanya keberuntungan (adanya ular dan tangga).


Selasa, 03 Januari 2012

Pendidikan Karakter

Sekolah dapat berhubungan dengan berbagai bidang, diantaranya untuk membangun karakter masyarakat. Pendidikan karakter sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan bagi generasi muda yang nanti akan menggantikan generasi tua. Membangun karakter di sekolaha tidak perlu menjadi mata pelajaran tersendiri, tetapi dapat diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran yang lain.
Mata pelajaran IPA sangat berkaitan sekali dengan pendidikan karakter, karena pembelajaran IPA mengembangkan ketrampilan proses yang membutuhkan sikap ilmiah siswa. Sikap ilmiah yang dikembangkan di dalam bidang IPA antara lain rasa ingin tahu, jujur, disiplin, tekun, terbuka. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan sikap ilmiah pada siswa merupakan bagian dari membangun karakter siswa.